Monday, May 16, 2005

Pulang!

Satu persatu akhirnya urusan selesai juga, administrasi and hepi hepi dengan teman2. Lumayan seru juga..

Apa karena kangen rumah sendiri atau karena hal yang lain sampai mimpi "pulang"

Pulang adalah istilah yang selalu dipakai di keluarga kami untuk "pulang ke Rahmatullah" sehingga sempat berpikir apa sih arti mimpi itu?

Karena dalam mimpi itu, ku bilang, mau pulang, dan di dalam mimpi ada orang2 tercinta yang memang sudah "pulang" diantaranya salah satu uwak dan kakekku tercinta, tapi ada juga mama dan uwakku yang lain.

Kata beliau di mimpi itu begini, "kamu mau pulang? semoga kamu pulang dengan damai dan diterima dengan lapang di sana". Ada lagi seseorang asing yang berkata, nanti akan saya tuntun..

Padahal maksudku adalah pulang untuk kembali ke rumah, dan jalan yang ditempuh dalam mimpi itu sungguh berliku, bertemu dengan orang2 yang tersesat untuk kembali ke rumah mereka.

Aku berusaha membantu memberi tahu, "lewat sini saja bu.." tapi orang2 itu tidak mau, akhirnya kuputuskan untuk pergi sendiri.

Tiba-tiba kusadari, tidak ada gunanya untuk kembali ke rumah untuk mengambil barang2 lagi, toh hanya barang duniawi yang tidak kuperlukan akhirnya.

Ditengah rasa keputusasaan itu, orang asing tadi ada lagi, katanya, "kamu sudah siap"? Aku terperangah, dan sadar, ya, mungkin ini waktunya..

Teringat kepada semua bekal dan tersadar kalau aku tidak punya persiapan apapun untuk "pulang" tapi ini sudah waktunya, dan dalam mimpi itu aku pasrah.

Orang asing tadi duduk tenang di sebelahku, lalu menjentikkan jarinya, kupeluk lengannya erat2, tapi merasa aman, sambil mengingat2 apa yang diajarkan kakekku.

Jentikan jarinya membuat jantungku terasa jatuh, dan seketika semua hilang pandangan di depan mata, seolah berada dalam suatu perjalanan yang amat cepat, tapi terasa damai.

Terbersit dalam pikiran, oh beginikah rasanya mati? tidak terlalu buruk ternyata...

Dalam perjalanan itu aku tidak melihat apapun dan siapapun, hanya berada pada suatu lorong.. dan merasa melayang, tak kupikirkan lagi tubuh yang kutinggalkan.

Lalu kurasakan jantungku kembali berdetak, dan dengan mata masih tertutup kurasakan nafasku di tubuhku, masih di situ, sejenak kupikirkan, apa sudah mati?

Kurasakan darah mengaliri tubuhku hangat, tanpa membuka matapun, aku tahu, di mana kuberada saat itu, di dalam selimut, masih terbaring di rumah temanku.

Apakah arti mimpi itu barusan? Kalau memang harus pulang, apa aku memang sudah siap? atau bila memang betul terjadi, tapi karena dirasa belum siap maka dikembalikan lagi?

Masih misteri, tapi aku bahagia pulang kembali ke rumahku di Pau..
Biarlah tinggal misteri, yang perlu kulakukan hanyalah, mempersiapkan diri untuk "kepulanganku" nanti...

6 Comments:

Blogger Tri Indra said...

Ratih,

bener nih kamu mimpi gitu dan semoga saja itu hanya sebuah mimpi dan semua akan baik2 saja dan Allah akan selalu melindungi kamu dimanapun berada...
Take care and God Bless You

Iin

4:20 AM, May 16, 2005  
Anonymous Anonymous said...

rat, gw merinding baca artikel ini. smoga hanya bunga tidur, but nevertheless, siap-siap untuk "pulang" memang hrs selalu dipikirkan.
with love from adelaide...

6:11 AM, May 16, 2005  
Anonymous Anonymous said...

duh mimpinya kok ngga ada gue sih, temen yang cekikikan ... hmmmm ...

mungkinkah misteri dari mimpi itu ingetin suatu pepatah "If you can't be with the one you love…love the one you're with."

11:43 PM, May 16, 2005  
Blogger frufundersam said...

ikutan nimbrung ya...

suka mrinding aja sama mimpi pulang... sekali pernah si mama crita mimpi diajakin 'pulang' sama almarhum papaku... the last minute si mama inget anak2 n dgn sedih terpaksa bilang ga mau ikut...

8:47 AM, May 17, 2005  
Blogger Ratih Sugiarty said...

iya nih, semoga aja yang "dipulangkan" adalah sisi ratih yang tidak baik ;) dan ratih yang baik dihidupkan kembali, amin..

8:23 PM, May 17, 2005  
Anonymous Anonymous said...

aduh ratih,gua jadi agak2 di ingatkan nih,gua juga sering banget mimpi seperti elo,tapi bukan gua yg pulang tapi kakak gua n ipar gua ( yg udah "pulang")yg datengin gua seperti waktu mereka masih sehat..trus pake ngobrol pula.. ya sud,kita2 harus banyak berdoa n berbuat baik deh...Amien !!

12:36 AM, August 10, 2005  

Post a Comment

<< Home